Sabtu, 20 Juli 2013

kulkas smk

Kalau kebanyakan lemari pendingin (kulkas) yang ada menggunakan energi listrik sebagai sumber dinginnya,  Siswa SMK di Ungaran, Kabupaten Semarang Jawa Tengah, berhasil menciptakan kulkas tanpa listrik.
 
Dengan hanya menggunakan karung goni dan bambu, kulkas buatan siswa SMK di Ungaran tersebut dapat mengawetkan sayuran hingga 1 minggu.Bagian dinding kulkas dibuat dengan karung goni yang dirangkai dengan menggunakan rangka kayu. Kemudian setelah selesai membentuk sebuah almari, baru penyekat antar rongga di dalam kulkas dipasang.
 
Untuk penyekat rongga di dalam kulkasnya, digunakan bambu yang dibentuk seperti sebuah rakit namun memiliki kerenggangan yang cukup besar. Usai kulkas terakit semua, kemudian disemprotkanlah air ke karung goni. Air itulah yang digunakan sebagai media pendingin.
 
Inovasi kulkas tanpa listrik tersebut, prinsip kerjanya berdasarkan karung goni yang dibasahi air. Karung itu akan menyerap udara panas yang dikeluarkan oleh sayuran, sehinga sayuran bisa bertahan hingga 1 minggu.
 
Teknologi pertanian itu sangat bermanfaat bagi para pedagang sayur mayur ataupun para petani. Bila stok sayuran melimpah, maka mereka dapat menyimpannya terlebih dahulu tanpa kesulitan. Sehingga sayuran tidak layu dan harganya pun masih tinggi.
 
Untuk membuat kulkas tanpa listrik tanpa listrik itu, Anda membutuhkan biaya Rp 150 ribu saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar